Ketiga Karyawati RSMI Mengaku Pasrah

JAKARTA–Ketiga karyawati medis RS Mitra Internasional (RSMI) Jatinegara: Sutiyem, Wiwin Winarsih, dan Suharti mengaku pasrah mengikuti proses pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan. Demikian pengakuan mereka seperti dikutip M. Lutfie, pengacara ketiganya kepada Republika, Kamis (19/11).

M. Lutfie mengatakan, saat ini pihaknya akan menjalani tahapan-tahapan penyelesaian masalah ini yang mengarah pada berakhirnya status ketiga karyawati tersebut sebagai pekerja di RSMI. “Rencananya besok (20/11) akan ada pertemuan konsiliasi yang difasilitasi Sudinakertrans Pemkot Jaktim, sebagai pengganti pertemuan Selasa (17/11) lalu yang tidak jadi dilakukan,” ucapnya.

Manajer SDM RSMI, Warno Hidayat, membenarkan pihaknya kini telah menempuh jalur Penyelesaian Hubungan Industrial (PHI) dengan melibatkan pemerintah. “Intinya sekarang, ada pegawai yang tidak mau memenuhi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang telah dibuat bersama-sama antara manajemen dan serikat pekerja. Karena tidak mau, terpaksa kami tempuh jalur PHI setelah penyelesaian bipartit tidak menghasilkan jalan keluar,” katanya.

Lutfie memaparkan, kliennya tak lagi bersikukuh mencari jalan lain agar mereka tetap dapat bekerja di RSMI namun bisa berhijab dengan rapi. Dikatakannya, kilennya berpendapat, pakaian seragam yang distandarkan perusahaan belum memenuhi syarat menutup aurat. “Sangat disayangkan, mengingat mereka bertiga masih ingin bekerja di sana. Namun, mereka memilih mempertahankan keyakinan ketimbang pekerjaan,” ujarnya. c15/taq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s