Kartunis Denmark Kembali Jaili Islam

 Kartunis Denmark Kembali Jaili Islam

COPENHAGEN–Kurt Westergaard, kartunis Denmark yang menggambarkan Nabi Muhammad meletakkan bom di sorbannya terpaksa kembali menyembunyikan diri setelah muncul berita adanya rencana untuk membunuh dia dan redaktur budaya surat kabarnya.

Dua orang dari Chicago yang pernah ikut pelatihan militer di Pakistan menghadapi dakwaan terorisme di Amerika terkait operasi yang mereka sebut sebagai Proyek Mickey Mouse, untuk menyerang gedung surat kabar Denmark yang menerbitkan 12 karikatur Nabi Muhammad.

Kurt Westergaard adalah seorang laki-laki yang menolak berkompromi mengenai hal yang dia anggap sebagai nilai budaya barat sangat penting, yaitu kebebasan berekspresi.

Konsekuensi sikap ini adalah, hilangnya kebebasan Westergaard sendiri dan 11 kartunis lainnya, yang pernah menyumbang karya mereka dalam seri kontroversial karikatur Nabi Muhammad yang diterbitkan oleh surat kabar Jyllands-Posten.

Selama 3 tahun dia dilindungi selama 24 jam oleh anggota polisi dan agen-agen rahasia. Tetapi di awal tahun ini Westergaard memutuskan, dia lelah hidup seperti seorang tahanan penjara dan memberhentikan pengawalnya, walaupun rumahnya masih seperti benteng.

Dia mengatakan, usianya membantu dia tidak lagi takut dan bahwa dia memiliki keyakinan tinggi terhadap PET, agen rahasia Denmark.

Para agen rahasia Amerika yang menyelidiki kasus yang diberi nama Mickey Mouse Project menemukan bahwa salah satu tersangka, David Headley, yang mengubah namanya dari Daood Gilani, di tahun 2006 mengunjungi gedung harian Jyllands-Posten sebagai bagian dari persiapan pemantauan bagi operasi itu.

Tidak Menyesal

Sekarang, Westergaard kembali menulis pesan di situs surat kabarnya yang mengatakan bahwa dia terpaksa dikawal ketat kembali. Ketika BBC mewawancarainya, dia masih tidak menyesal membuat karikatur yang menimbulkan kemarahan besar masyarakat Muslim di seluruh dunia.

”Dalam berbagai dialog yang saya lakukan dengan masyarakat Muslim, saya selalu mencoba dengan sangat penuh kesabaran untuk menjelaskan situasi ini”, kata Kurt.

Kurt mengatakan, ”saya membuat karikatur yang menggambarkan, ada orang-orang yang terinspirasi oleh sebagian ajaran Islam untuk membunuh dan melakukan aksi teror. Saya membuat karikatur itu, dan dengan sangat menyesal saya mengatakan, ternyata saya benar. Mereka sekarang mengancam akan membunuh saya”.

Setelah Westergaard dan para kartunis lain kembali bersembunyi, rencana teror itu dikecam oleh Majelis Muslim Denmark yang mengatakan, aksi terorisme berlawanan dengan ajaran, nilai-nilai dan prinsip dasar Islam.

Sebuah serangan terhadap sasaran apapun sama saja dengan serangan terhadap seluruh masyarakat. Karena itu kami lega bahwa sebuah serangan teroris tampaknya bisa dihindarkan, kata dewan itu dalam sebuah pernyataan. [ahi]

Sumber: Republika Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s