Gerakan Mukena Bersih


Gerakan Mukena Bersih diawali oleh pengalaman pribadi seorang Gita Saraswati, hampir dua tahun yang lalu. Ketika itu, Gita mampir untuk menunaikan shalat Ashar di sebuah masjid yang terletak di kompleks departemen pemerintahan. Begitu kecewanya Gita karena saat ia hampir selesai melafalkan doa dan menelungkupkan kedua tangannya ke wajah, ia menemukan kotoran hidung kering di mukena yang ia pakai yang berasal dari masjid departemen tersebut. Saat itulah ia mulai berfikir, ada sesuatu yang salah pada umat Islam. Bagaimana doa akan dikabulkan oleh Allah sementara pakaian beribadah kita kotor? Padahal kebersihan adalah bagian dari iman?? Dan mulailah ia dan kelima orang temannya, Diana, Niken, Siska, Indra, dan Yayi membentuk Gerakan Mukena Bersih.

Gerakan Mukena Bersih adalah sebuah program pembelajaran nilai-nilai Islami dalam kehidupan nyata sehari-hari, yaitu dengan memastikan tersedianya mukena yang bersih di tempat ibadah umum (masjid dan mushola) yang dalam prosesnya melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Program Gerakan Mukena Bersih atau disingkat GMB bersifat nirlaba dan berbasis relawan. GMB dirancang sesederhana mungkin sehingga diharapkan dapat menyentuh berbagai kalangan di masyarakat.

Gita Saraswati, salah satu pendiri GMB menginginkan gerakan yang dibentuknya ini dapat mengakar ke masyarakat, artinya, paradigma masyarakat dapat berubah setelah adanya Gerakan Mukena Bersih ini. Masyarakat seharusnya menyadari bahwa kebersihan dalam beribadah, apalagi ingin berhadapan dengan Allah swt, merupakan faktor penting dalam agama Islam. “Kalau dari hal kecil seperti menjaga kebersihan fisik ini saja tidak dapat kita jaga, bagaimana dengan kondisi spiritual, mental dan yang lainnya?” ujar Gita yang ditemui oleh reporter eramuslim.com di kediamannya di daerah Jakarta Selatan.

GMB melingkupi dua kegiatan utama, yaitu pengadaan mukena dan pemeliharaan mukena. Pengadaan mukena diupayakan melalui berbagai kegiatan penggalangan dana maupun berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan oleh GMB. Sementara pemeliharaan mukena diupayakan melalui berbagai kegiatan sosialisasi untuk mendapatkan dukungan masyarakat luas sebagai Relawan Pemelihara.

Siapa saja dapat menjadi relawan pemelihara dan ikut dalam gerakan ini. Tua-muda, kaya-sederhana, laki-laki atau perempuan dapat turut andil dan bergabung dalam GMB. Meskipun demikian, setiap orang yang bergabung di GMB sebaiknya adalah orang yang memahami manfaat program GMB secara luas, baik bagi masyarakat maupun bagi dirinya. GMB berharap dengan bergabungnya para relawan dapat menyebarkan beberapa dimensi pembelajaran yang ada di dalam gerakan ini, yaitu pencitraan Islam di tanah air, kebersamaan dalam kebaikan, dan keteguhan memegang amanah. Dengan dimensi tersebut, para relawan dapat berkomitmen untuk memelihara mukena di tempat ibadah umum di lingkungan sekitarnya, misalnya di masjid/mushola di dekat tempat tinggal, tempat kerja, kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, dll.

Setiap relawan dititipkan satu paket amanah GMB, yaitu terdiri dari: 4 pasang mukena, 1 lembar poster, surat pengantar untuk masjid/mushola, penjelasan program dan sebuah tas GMB. Paket GMB ini tidak diperjualbelikan dan infaq atau donasi dari masyarakat tak dibatasi jumlah nominalnya. Paket amanah GMB akan dititipkan kepada relawan untuk dipelihara selama satu tahun dan dapat ditukarkan dengan paket yang baru jika telah lewat satu tahun. Sementara, relawan yang tak dapat melanjutkan amanahnya karena satu dan lain hal wajib mengembalikan paket amanah GMB kepada pengurus.

Singkatnya, Gerakan Mukena Bersih adalah gerakan massif untuk memastikan bahwa mukena yang terdapat di tempat ibadah umum layak untuk digunakan beribadah. Oleh karena itu, jadwal cuci berkala dapat diatur sendiri oleh relawan, tergantung jumlah jamaah dan di tempat tersebut.

Dalam penyelenggaraannya, GMB juga menyiapkan data base dan data tracking relawan, evaluasi berkala maupun pendampingan bagi para relawan sebagai support system sehingga para relawan merasakan GMB sebagai gerakan dari kita, oleh kita, dan untuk kita.

Relawan GMB saat ini sudah tersebar di beberapa pulau besar meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dengan jumlah relawan sebanyak 250-an orang, GMB masih terus berupaya memassifkan gerakannya agar setiap orang dapat merasakan manfaat gerakan ini.

Anda yang ingin bergabung dengan Gerakan Mukena Bersih dapat menghubungi Sekretariat GMB atau telepon/sms ke 021 913 56 919 dan 0815 8553 1003, atau kirim e-mail ke mukenabersih@yahoo.co.id serta dapat melihat profil GMB di http://gerakanmukenabersih.blogspot.com.

(Ind)

Sumber: eramuslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s