Pentagon Pasok Bom-Bom Canggih Buat Israel

AS kembali memberikan dukungan persenjataan baru untuk angkatan bersenjata Israel. ABC News pada Selasa (6/10) melaporkan bahwa Pentagon baru-baru ini memutuskan untuk memberikan bantuan pada Israel untuk membuat bom-bom canggih yang disebut Massive Ordnance Penetrator (MOP).

Bom-bom itu adalah bom berkekuatan dahsyat yang digunakan untuk menghancurkan bunker-bunker besar yang oleh AS, dulunya direncanakan untuk digunakan di Irak dan Afghanistan. Laporan ABC News menyebutkan, Israel nampaknya akan menggunakan bom-bom tersebut untuk menggempur fasilitas nuklir Iran

Pentagon sudah mendapatkan persetujuan untuk memberikan bantuan pada Israel guna membuat bom-bom tersebut. Ditanya mengapa proyek bom itu diberikan untuk Israel, pihak Pentagon hanya berkomentar bahwa Departemen Pertahanan AS memiliki apa yang disebut Urgent Operational Need (UON) untuk meningkatkan kemampuan menyerang dan menghancurkan target sehancur-hancurnya dalam situasi ancaman yang tinggi.

"MOP adalah senjata pilihan yang memenuhi syarat untuk UON," demikian pernyataan Pentagon.

Disebutkan pula bahwa senjata itu merupakan senjata yang ideal untuk melakukan serangan ke fasilitas pengembangan nuklir Iran di Natanz atau di Qom, fasilitas nuklir Iran yang baru dibangun.

Untuk keperluan pembuatan bom tersebut, perusahaan penerbangan AS dan kontraktor bidang pertahanan McDonnell Doglas berhasil mendapatkan kontrak senilai 51,9 juta dollar. (ln/JP)

Sumber: eramuslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s